Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Terkena Serangan Ransomware

Menko Polhukam Klaim Pemulihan PDNS Rampung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 23 September 2024, 12:36 WIB
Menko Polhukam Klaim Pemulihan PDNS Rampung
Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dalam Raker bersama Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9)/RMOL
rmol news logo Upaya pemulihan data di Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) di Surabaya yang sebelumnya mendapat serangan ransomware telah rampung.

Hal itu disampaikan Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto dalam Raker bersama Komisi I DPR dengan agenda pencegahan serangan siber terhadap PDN pada masa mendatang, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

“Kami sampaikan bahwa progres perbaikan sistem dan recovery yang kita laksanakan bahwa proses dekripsi terhadap seluruh data di PDNS 2 Surabaya telah selesai per 8 Agustus 2024 kurang lebih 1 bulan,” ungkap Hadi.

Menurutnya, saat ini pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sedang membangun kembali sistem di PDNS 2 Surabaya, terlebih keamanan ditingkatkan.

Hal itu dilakukan lantaran sejumlah kementerian/lembaga yang menjadi pengguna layanan PDNS 2 Surabaya, masih berkeinginan untuk tetap membackup datanya.

“Saat ini kita sedang melaksanakan rebuild system PDNS 2 Surabaya yang direncanakan selesai pada akhir September 2024,” tandas mantan Panglima TNI ini.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA