Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Punya Musuh Bersama, Wajar Anies dan Ahok Kini Berteman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 30 Juli 2024, 16:11 WIB
Punya Musuh Bersama, Wajar Anies dan Ahok Kini Berteman
Dua mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Istimewa
rmol news logo Dua mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), belakangan kembali menarik perhatian publik. Meski pernah berkompetisi pada Pilkada 2017, kini keduanya justru berteman akrab.

Hal ini diungkap Anies yang mengaku sering berkomunikasi dengan Ahok melalui aplikasi WhatsApp (WA). Anies mengungkap obrolannya dengan Ahok selayaknya teman.

Membaca perubahan itu, pengamat politik Ujang Komarudin menganalisis bahwa dua tokoh tersebut kini punya musuh bersama.

"Bisa jadi sekarang Anies dan Ahok punya kepentingan yang sama. Punya musuh yang sama, katakanlah dari keluarga Jokowi," ujar Ujang saat RMOL, Selasa (30/7).

Ujang menegaskan, jika saat ini Anies dan Ahok berteman, besar kemungkinan keduanya tak lagi menganggap sebagai pihak yang bermusuhan. Tapi ada pihak lain yang sama-sama dianggap musuh.

"Makanya jika Anies dan Ahok dulu gontok-gontokan sekarang saling WhatsApp, bukan sesuatu yang mustahil. Prinsipnya kalau kepentingan sama maka menjadi kawan, kalau kepentingan berbeda menjadi lawan," jelas Ujang.

Analisis Ujang ini menggarisbawahi dinamika dan fleksibilitas dalam hubungan politik di Indonesia. Di mana perubahan aliansi dan persahabatan sering kali dipengaruhi oleh situasi dan kepentingan yang berkembang. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA