Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komunikasi PKS-PSI Buka Peluang Kaesang Geser Sohibul Dampingi Anies

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 11 Juli 2024, 12:41 WIB
Komunikasi PKS-PSI Buka Peluang Kaesang Geser Sohibul Dampingi Anies
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep/RMOL
rmol news logo Pertemuan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) beberapa waktu lalu, dinilai membuka peluang bagi Kaesang Pangarep untuk menggeser Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur (cawagub) bagi calon gubernur (Cagub) Anies Baswedan.

Pengamat politik Citra Institute, Efriza berpendapat, hubungan yang berusaha dijalin PSI dengan PKS adalah dalam rangka komunikasi politik jelang pencalonan kepala daerah 2024.

Menurutnya, salah satu daerah pemilihan yang jadi incaran PSI adalah Jakarta, di mana nama Kaesang kerap disebut-sebut bakal menjadi salah satu kontestan. Sehingga, dia menduga komunikasi antara PSI dan PKS dalam rangka memuluskan hal tersebut.

"Jika Anies menolak bersama pasangannya dari PKS (Sohibul Iman), maka akan mempertimbangkan Kaesang di Jakarta sebagai sebuah pilihan yang rasional," ujar Efriza kepada RMOL, Kamis (11/7).

Dia menjelaskan, PKS sebagai partai politik (parpol) yang memiliki suara sekaligus kursi DPRD Jakarta terbanyak pada Pileg 2024 kemarin, menjadi salah satu alasan PSI menegosiasikan persoalan pencalonan Kaesang.

Oleh karena itu, Efriza meyakini segala peluang dalam politik masih sangat mungkin terjadi jelang pencalonan kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.

"Masih (ada kemungkinan) membuka opsi mengusung Kaesang di Jakarta, karena PKS masih menilai situasi dinamis menuju Pilkada Jakarta," demikian Efriza. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA