Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Termasuk Dedi Mulyadi, Tak Ada Politisi Yang Mampu Ungguli Ridwan Kamil di Pilkada Jabar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 04 Juli 2024, 21:57 WIB
Termasuk Dedi Mulyadi, Tak Ada Politisi Yang Mampu Ungguli Ridwan Kamil di Pilkada Jabar
Ridwan Kamil/Ist
rmol news logo Nama politisi Golkar, Ridwan Kamil masih menjadi unggulan dibanding calon lain dalam pilkada Jawa Barat.

Ini merupakan hasil survei yang dirilis oleh Indikator Politik Indonesia yang dilaksanakan medio 20 - 27 Juni 2024 itu dan dirilis pada Kamis (4/7).

Dalam paparan hasil survei yang dirilis, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan nama Ridwan Kamil masih paling unggul, meski ada figur Dedi Mulyadi yang memiliki elektabilitas cukup tinggi.

"Belum ada nama yang secara elektoral mampu mengalahkan Ridwan Kamil. Mantan Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat itu menang telak dari nama-nama lain yang masuk dalam survei tersebut. Dukungan pada Ridwan Kamil sebagai petahana saat ini karena mayoritas warga Jawa Barat puas atau sangat puas dengan kinerjanya sebagai gubernur, angkanya 87,4 persen,” kata Burhanuddin.

Lanjut Burhanuddin, dari 1.214 responden yang dipilih melalui metode double sampling, hampir 20 persen menyatakan alasan mereka memilih Ridwan Kamil karena hasil kerjanya sebagai gubernur Jawa Barat periode 2018 - 2023 sudah teruji.

”Kemudian berpengalaman di pemerintah juga menjadi kekuatan Ridwan Kamil karena dianggap sukses. Overall Ridwan Kamil dipersepsikan sukses sebagai gubernur Jawa Barat di periode yang lalu,” papar Burhanuddin.

Dalam semua simulasi survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas Kang Emil tetap unggul. Mulai top of mind, simulasi 26 nama, simulasi 12 nama, simulasi 6 nama, sampai kepada simulasi 3 nama. Untuk simulasi 26 nama, Kang Emil berada pada angka 36,8 persen, simulasi 12 nama 44,5 persen, simulasi 6 nama 45,6 persen, dan simulasi 3 nama 56,3 persen.

Demikian pula saat diadu head to head antara Ridwan Kamil dengan Dedi Mulyadi, elektabilitas Kang Emil mencapai 55,1 persen. Sementara elektabilitas Dedi Mulyadi berada di bawah Kang Emil dengan angka 38 persen.

”Saya harus mengakui secara terus terang bahwa Ridwan Kamil peluangnya untuk unggul itu lebih besar di Jawa Barat ketimbang di Jakarta. Karena di Jawa Barat Kang Emil posisinya sebagai tanda kutip petahana yang memiliki approval rating sangat tinggi 87,4 persen,” kata Burhanuddin.rmol news logo article
EDITOR: JONRIS PURBA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA