Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luhut Bangga Digitalisasi Layanan Perizinan Digarap Anak Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Senin, 24 Juni 2024, 13:20 WIB
Luhut Bangga Digitalisasi Layanan Perizinan Digarap Anak Bangsa
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam peresmian Peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Event di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (24/6)/RMOL
rmol news logo Peluncuran layanan digital untuk perizinan event ternyata dirancang oleh putra dan putri Indonesia.

Hal ini dipastikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, saat mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Peluncuran Digitalisasi Layanan Perizinan Event di The Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (24/6).

"Yang membanggakan, sistem ini dibangun sepenuhnya oleh anak-anak bangsa tanpa keterlibatan konsultan asing. Jadi pure (hasil karya) anak-anak Indonesia," kata Luhut saat sambutan.

Sehingga Luhut pun yakin layanan digital ini akan meningkatkan kepercayaan dalam pelaksanaan kegiatan atau event di Indonesia.

"Kami sampaikan apresiasi kepada Polri, Kapolri beserta jajaran, atas gerak cepat dalam pengembangan perizinan online yang kita rintis bersama-sama sebagai respons atas kebutuhan industri pariwisata. Perizinan online akan memberikan kredibilitas dan transparansi yang berkeadilan bagi industri pariwisata dalam pelaksanaan event-event," papar Luhut.

Lanjut Luhut, sistem layanan digital ini telah terintegrasi dengan pembayaran digital milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ini merupakan terobosan baru dalam pengurusan izin untuk terciptanya transparansi antarkelembagaan.

"Kita kaitkan dengan Kemenkeu sehingga pembayaran dapat menggunakan pelayanan perbankan digital, jadi semua akan menjadi transparan," pungkas Luhut.

Sehingga, pengurusan izin keluar dalam waktu yang efisien tidak mendadak mendekati waktu event dimulai. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA