Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR dan Menlu Bahas RUU Kerjasama Pertahanan dengan Lima Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 19 Juni 2024, 14:04 WIB
DPR dan Menlu Bahas RUU Kerjasama Pertahanan dengan Lima Negara
Menlu Retno Marsudi, usai rapat dengan Komisi I DPR/RMOL
rmol news logo Komisi I DPR bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi membahas Rancangan Undang Undang (RUU) Kerjasama Pertahanan dengan lima negara, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6).

"Kami baru saja menyelesaikan pembahasan tahap satu RUU Kerjasama Pertahanan dengan lima negara, Brazil, India, Kamboja, Prancis, dan Persatuan Emirat Arab,” kata Menlu Retno Marsudi, usai rapat dengan Komisi I.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, pemerintah telah mendengarkan semua pandangan fraksi dan telah menyetujui lima RUU itu dibahas oleh DPR dan pemerintah.

“Sembilan fraksi sudah menyetujui agar RUU dapat dilanjutkan pembahasannya, dan sepakat dibentuk panitia kerja (Panja) untuk membahas DIM, setelah itu akan dibahas di tahapan kedua, paripurna,” katanya.

Menurutnya, RUU kerjasama itu penting dilakukan, karena dapat meningkatkan ketahanan nasional Indonesia di tengah dunia yang semakin dipenuhi ketidakpastian, dan rivalitas geopolitik semakin tajam.

"Kerja sama ini juga dilakukan dengan menghormati atau menjalankan prinsip-prinsip dasar negara, antara lain politik luar negeri bebas aktif, dan tadi saya tekankan bahwa kerja sama ini bukan merupakan pakta pertahanan atau aliansi militer,” tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA