Idul Adha
Dimensy.id Mobile
Selamat Idul Adha Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Sumsel 2024

Herman Deru Dominan di Survei LSI, Pengamat: Masih Bisa Berubah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 26 Mei 2024, 04:59 WIB
Herman Deru Dominan di Survei LSI, Pengamat: Masih Bisa Berubah
Pengamat politik Sumsel, Ade Indra Chaniago/Istimewa
rmol news logo Hasil survei LSI yang menyebut mantan Gubernur Sumsel, Herman Deru, unggul di atas 5 persen di Pilkada Sumsel 2024 dinilai bukan sesuatu yang luar biasa.

Pasalnya, masih ada waktu 6 bulan hingga pelaksanaan Pilkada pada November 2024. Di mana hasil survei masih sangat mungkin berubah dalam kurun waktu tersebut.

Apalagi, kata pengamat politik Sumsel, Ade Indra Chaniago, masih ada sekitar 48 persen masyarakat yang menjawab tidak tahu pada simulasi Top of Mind.

"Kalau saya realistis ya untuk memandang hasil survei ini. Sebab, masih ada waktu beberapa bulan lagi hingga pendaftaran," kata Ade, dikutip Kantor Berita RMOLSumsel, Sabtu (25/5).

Dia menambahkan, survei tersebut bisa saja berlaku ketika pilkada dilakukan secara tersendiri. Misal Pemilihan Gubernur (Pilgub) saja. Namun, untuk Pilkada serentak, strategi untuk menggaet kandidat bupati/wali kota juga cukup punya pengaruh.  

"Seperti Pileg, kolaborasi antarcaleg di berbagai tingkatan dapat mempengaruhi suara. Begitu juga nantinya di Pilkada serentak ini, ada paket calon satu dengan lainnya," paparnya.

Akademisi Stisipol Candradimuka Palembang ini juga mengingatkan, dalam survei ada yang Namanya undecided voter dan swing voter.

"Itu dibuka tidak dalam pengumuman hasilnya. Jumlah pemilih yang belum memutuskan pilihan (undecided voter) dan pemilih yang berubah pilihan (swing voter). Elemen ini kan bisa menentukan juga," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA