Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Bisa Ajukan Risma ke PKS di Pilgub Jakarta 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 09 Mei 2024, 15:13 WIB
PDIP Bisa Ajukan Risma ke PKS di Pilgub Jakarta 2024
Tri Rismaharini/Net
rmol news logo Koalisi PDIP dengan PKS di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024, kabarnya sudah sepakat namun belum menentukan sosok kandidat yang akan dimajukan dan disandingkan.

Direktur Eksekutif Sentral Politika, Subiran Paridamos memandang, koalisi antara PDIP dan PKS sangat mungkin terbentuk karena posisi mereka di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kemungkinan besar sebagai kelompok oposisi.

"Jadi ada skema seperti itu dari banyak kemungkinan yang bisa terjadi," ujar Subiran kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (9/5).

Dia menilai, PDIP dan PKS harus berhati-hati dalam menentukan cagub-cawagub Jakarta. Sebab, keduanya pernah berseberangan dan bersitegang di Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Faktor pengalaman di 2017 itu berbekas bagi ceruk pemilih kedua parpol itu, yang kita ketahui berbeda latar belakang ideologisnya," sambungnya menjelaskan.

Oleh karena itu, dari banyak kader PDIP yang punya nama di DKI Jakarta, Subiran menduga ada yang mesti dipertimbangkan untuk disandingkan bersama kader PKS.

"Misalnya Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), itu pernah bertarung di Pilgub DKI Jakarta melawan Anies yang diusung PKS, Gerindra dan beberapa parpol lainnya," urainya.

"Baiknya, PDIP memajukan sosok yang proper dari segi pengalaman sebagai kepala daerah selain Ahok. Misalnya Bu Risma (Tri Rismaharini)," demikian sosok yang kerap disapa Biran itu menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA