Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi, Menko Airlangga Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 02 Mei 2024, 18:37 WIB
Resmi, Menko Airlangga Terima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menerima Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD di Paris, Prancis/Ist
rmol news logo Peta Jalan Aksesi Keanggotaan OECD Indonesia akhirnya diterima pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Paris, Prancis, Kamis (2/5).

Menko Airlangga menegaskan, aksesi ini menandakan proses lebih lanjut dari tahapan bergabungnya Indonesia di OECD.

"Menjadi anggota OECD memungkinkan Indonesia memperkuat komitmen konstitusionalnya untuk berpartisipasi dalam tatanan dunia, memajukan kebebasan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial,” tutur Menko saat memberikan sambutan.

Dengan mewakili 80 persen perdagangan dan investasi dunia, keanggotaan dan standar OECD sangat penting untuk menjamin perekonomian global yang inklusif dan berkelanjutan.

Saat ini, ada 7 negara berstatus kandidat aksesi, yakni Argentina, Brasil, Bulgaria, Indonesia, Kroasia, Peru, dan Rumania.

Hubungan Indonesia dan OECD telah berlangsung sejak 2007, ketika Indonesia bergabung menjadi mitra kunci OECD. OECD sendiri telah menjadi mitra strategis Indonesia dalam penyempurnaan kebijakan dan standar, baik bagi masyarakat, tata kelola pemerintahan, hingga dunia usaha.

Selain Airlangga, serah terima peta jalan keanggotaan Indonesia di OECD turut dihadiri  Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati; Dutabesar RI untuk Prancis, Andorra, Monako, Mohamad Oemar; serta Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan pejabat lainnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA