Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal THR untuk Ojol, Komisi IX DPR: Mereka Bukan Sapi Perah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 25 Maret 2024, 11:26 WIB
Soal THR untuk Ojol, Komisi IX DPR: Mereka Bukan Sapi Perah
Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP, Nabil Haroen atau Gus Nabil/Net
rmol news logo Komisi IX DPR menyambut baik imbauan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan terkait Tunjangan Hari Raya (THR) yang besarannya disesuaikan mekanisme perusahaan bagi pengemudi ojek online (Ojol).

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP, Nabil Haroen atau Gus Nabil, menilai Surat Edaran Menaker Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang THR 2024 bagi pekerja/buruh di perusahaan, dalam rangka mendorong perusahaan memberikan tunjangan yang manusiawi kepada pengemudi Ojol.

“Seharusnya perusahaan platform transportasi online juga memberikan hak konkret kepada para pengemudi. Jangan sampai pengemudi hanya jadi sapi perah, atau pekerja yang hanya diperas keringatnya,” tegas Gus Nabil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (25/3).

Menurutnya, para pendiri dan direksi perusahaan sekelas Grab, Gojek, Maxim, dan sejenisnya, sudah seharusnya memikirkan mekanisme manusiawi, agar para pekerja ojek online juga punya masa depan lebih baik.

THR, kata dia, merupakan bagian dari instrumen kesejahteraan pekerja. Meski sebagai mitra, bukan dianggap sebagai pekerja yang terikat kontrak kerja langsung, pengemudi online juga harus diberi peningkatan kesejahteraan.

“Apalagi perusahaan-perusahaan itu sudah untung dengan jumlah besar, hingga triliun rupiah selama beroperasi beberapa tahun terakhir. Ini tidak hanya aspek regulasi, tapi juga kemanusiaan. Perusahaan harus memenuhi itu,” pungkasnya.rmol news logo articlemohonan, dan ?DPD 12 pengajuan permohonan," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA