Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Bullying, Zita Anjani Dorong Penerapan Pendidikan Positif Ala Finlandia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 01 Maret 2024, 18:53 WIB
Cegah Bullying, Zita Anjani Dorong Penerapan Pendidikan Positif Ala Finlandia
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani/Net
rmol news logo Maraknya kasus tawuran serta bullying atau perundungan di sejumlah sekolah membuat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani merasa sangat prihatin.

Zita menyarankan tenaga didik menerapkan konsep pendidikan positif ala Finlandia. Salah satu keunggulannya yakni menjadikan mentor sebagai teman siswa.

"Selain itu ada juga yang namanya positive pals atau sahabat positif yang sifatnya antarsiswa. Menurut saya hal seperti ini bisa banget diterapkan di sekolah-sekolah negeri," kata Zita dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/3).

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu menilai konsep positive education juga selaras dengan Kurikulum Merdeka yang akan dijadikan kurikulum nasional pada 2026 mendatang.

"Esensi dari Kurikulum Merdeka itu kan di fleksibilitas bagi pendidik dan satuan pendidikan untuk menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa peserta didik," jelasnya.

"Menurut saya ini cocok banget sama Positive Education yang berfokus sepenuhnya pada minat, potensi, serta kepribadian dan karakter anak didik," demikian Zita Anjani.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA