Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usul Pemilu Gunakan E-Voting, Partai Ummat Yakin Hemat Anggaran Triliunan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 22 Februari 2024, 17:09 WIB
Usul Pemilu Gunakan E-Voting, Partai Ummat Yakin Hemat Anggaran Triliunan
Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi, saat jumpa pers di markas Partai Ummat di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Kamis (22/2)/Istimewa
rmol news logo Persoalan-persoalan seperti kecurangan, manipulasi, dan ketidakakuratan data selalu muncul di setiap proses pemilihan umum (Pemilu). Sudah seharusnya ada solusi yang tepat untuk mengatasi semua persoalan tersebut agar tidak selalu berulang di setiap pesta demokrasi.

Menyikapi hal ini, Partai Ummat mengusulkan penggunaan e-Voting berbasis Blockchain di Pemilu mendatang untuk proses yang lebih cepat dan efisien.

"Serta yang tidak kalah penting menghemat anggaran hingga 93 triliun rupiah," kata Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi, saat jumpa pers di markas Partai Ummat di Jalan Tebet Timur Dalam Raya, Jakarta Selatan, Kamis (22/2).

E-voting merupakan sistem di mana pemilih dapat memberikan suaranya melalui platform digital, seperti aplikasi atau situs web khusus. Tidak lagi menggunakan surat suara tradisional.

Salah satu keuntungan utama e-Voting adalah kemampuannya untuk meningkatkan keamanan dan integritas pemilu. Dengan menggunakan teknologi enkripsi dan verifikasi identitas yang ketat, risiko manipulasi suara dapat diminimalkan.

"Konsep ini pernah kita sampaikan di hadapan KPU pada 2022," tegas Ridho.

Dengan pendekatan komprehensif dan pengembangan teknologi yang matang, e-Voting diyakini memiliki potensi untuk mengatasi sebagian besar persoalan yang kerap terjadi di Pemilu. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA