Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KAMPANYE AKBAR

Puluhan Ribu Massa Menyemut Jelang Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Benteng Vastenburg Solo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 10 Februari 2024, 07:37 WIB
rmol news logo Pasangan capres-cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menggelar kampanye akbar terakhir di dua kota di Jawa Tengah, Surakarta (Solo) dan Semarang, Sabtu (10/2).

Kampanye akbar pertama Ganjar-Mahfud di Solo mengambil tempat di Benteng Vastenburg.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di lokasi, sekitar pukul 07.00 WIB, puluhan ribu massa dari berbagai elemen terus berdatangan ke lokasi acara. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian berwarna merah dan putih dengan gambar wajah Ganjar-Mahfud.

Masyarakat nantinya akan melakukan grebeg atau menggiring Ganjar-Mahfud dengan kirab budaya dari Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg, salah satu titik termasuk Balaikota Surakarta.

Pertunjukan seni kebudayaan rencananya akan ditampilkan. Ada juga mural dari seniman setempat yang menggambarkan ekspresi dan harapan kepada paslon nomor urut 03 itu.

Berdasarkan agenda, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (Oso) bakal hadir di lokasi acara kampanye akbar ini.

Begitupun sejumlah sosok penting seperti  putra Megawati dan Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo, Sekjen Hasto Kristiyanto, hingga Dewan Penasehat TPN Ganjar-Mahfud Puan Maharani. Akan hadir juga Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid, serta jajaran TPN hingga Tim Pemenangan Daerah (TPD).

Seusai berkampanye di Solo pada Sabtu pagi, Ganjar-Mahfud akan melanjutkan kampanye akbar ke Kota Semarang, Jawa Tengah.

Ganjar sebelumnya mengungkapkan bahwa alasan pihaknya memilih dua kota dalam kampanye terakhirnya di Jawa Tengah karena alasan normatif, banyak massa yang ingin hadir.

"Sebenarnya mau satu titik gitu ya, apakah di Solo, apakah di Semarang. Tapi ternyata semua berdebat, kalo bisa tambah lagi, Pak. Setiap ekstra residenan itu artinya 6, nggak mungkin gitu kan. Maka diputuskan di dua tempat karena dua-duanya pengen dilaksanakan dan banyak orang yang pengen hadir. Luar biasa bahkan dari Jakarta hari ini (kemarin) sudah membawa timnya masuk ke sana," kata Ganjar di Kabupaten Bogor, dikutip Sabtu (10/2).

"Saya tidak membayangkan kondisinya karena Jawa Timur juga mau hadir. Maka dengan dipecah dua mungkin akan lebih baik," tambahnya.

Sementara itu, Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan, jika Solo ke Semarang menandakan peralihan kepemimpinan dari Presiden Jokowi ke Ganjar.

“Dari Solo menuju Semarang, dari era Jokowi menuju era Ganjar Pranowo. Dari daerah yang dulu melambangkan basis Jokowi, bergerak menuju Semarang, daerah yang merupakan perlambang basis Ganjar Pranowo," kata Karaniya.

Menurutnya, seperti halnya ‘Hajatan Rakyat’ Solo yang dijejali ratusan ribu massa, Semarang juga akan dipenuhi oleh rakyat yang tumpah ruah di acara kampanye akbar. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA