Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gema Pelaut Amin Bidik 1,5 Juta Suara Nelayan Muara Angke

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Rabu, 07 Februari 2024, 19:55 WIB
Gema Pelaut Amin Bidik 1,5 Juta Suara Nelayan Muara Angke
Konsolidasi Gema Pelaut Amin di Muara Angke, Jakarta Utara, Rabu (7/2)/Ist
rmol news logo Sebanyak 1,5 juta nelayan Muara Angke bakal sumbang suara untuk Pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) pada pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Gema Pelaut Amin, Rusdianto Samawa saat menggelar konsolidasi untuk persiapan deklarasi serentak Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) pada Kamis (8/2) besok di Muara Angke, Jakarta, Rabu (7/2).  

“DPW-DPW Gema Pelaut Amin akan deklarasi, mulai 8-10 Februari 2024. Memang ini terlambat, tetapi tak masalah. Karena kami prediksi pilpres berlangsung dua putaran. Jadi putaran kedua Gema Pelaut Amin akan maksimal bergerak merangkul nelayan, pembudidaya laut dan air tawar, petani garam, petani rumput laut, galangan kapal, pekerja unit pengolahan ikan, nelayan cumi, udang dan sebagainya," ungkap Rusdianto.

Lanjut dia, Gema Pelaut Amin sudah mencapai target dan tolok ukur meraih 5 juta suara itu pada putaran pertama.

“Karena pertama, kami dalam waktu 3x24 jam berhasil bentuk DPW-DPW Se Indonesia. Artinya konsolidasi organisasi berjalan baik. Kedua, kami sudah mendata potensi suara yang dikoordinir oleh juragan kapal, pengepul, pedagang ikan, pembudidaya dan ketua-ketua paguyuban atau asosiasi tempat mereka bernaung,” bebernya.

Ketiga, sambung dia, data sudah masuk semua, bahkan mencapai jumlah dukungan suara di angka 8,2 juta.

“Nah kami hanya ambil 50 persen atau sekitar 5 juta suara. Karena dalam politik pasti ada margin error dalam pilihan politik," jelas Rusdianto.

Apalagi ditambah dukungan nelayan Muara Angke yang bisa capai di angka 1,5 juta suara. Padahal nelayan Muara Angke bukan basis utama Front Nelayan Indonesia (FNI) maupun asosiasi yang tergabung dalam Gema Pelaut Amin.

“Basis utama kita di Jateng, Jatim, Bali, Banten dan Jabar. Kemudian, basis tambahan di luar Pulau Jawa," beber Rusdianto.

"Begini pendaratan ikan dan udang muara Angke ini, salah satu tempat tersibuk di dunia. Jadi kapal-kapal Pulau Jawa dan bahkan luar Jawa datang ke Muara Angke," jelasnya lagi.

Senada Rusdianto, Sekretaris Jenderal Gema Pelaut Amin yang juga Ketua Umum Asosiasi Nelayan Lobster Indonesia (ANLI) Wahyu Alamsyah, mengatakan sangat realistis target tersebut.

“Mulai nelayan, ABK, captain, tekong dan pekerja kapal yang berjumlah 12-20 orang per kapal. Sementara jumlah kapal tangkap ikan dan cumi di Muara Angke mencapai 4500 kapal. Tinggal dihitung 20, dikalikan 4500 kapal menjadi 90.000 suara,” terang Wahyu.

“Kalau ditambah keluarganya bisa capai 300-an ribu pemilik suara Amin," tambah dia.

Namun, yang perlu dipertimbangkan ialah bagaimana Pasangan Amin dapat mengakomodir kepentingan mereka seperti mencabut aturan KKP sejak 2015-2024 yang dianggap bermasalah.

"Karena keterlibatan dukungan nelayan Muara Angke dengan perolehan suara 1,5 juta, sudah pasti menambah kekuatan politik dan kantong suara untuk Pasangan Amin. Begitu pun pada Kampanye Akbar di Jakarta International Stadion (JIS), nelayan muara Angke akan longmarch waktu dini hari yang diprediksi mencapai 5000 orang," pungkas Wahyu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA