Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli Wafat, Din Syamsuddin: Bangsa Indonesia Kehilangan Intelektual Pejuang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 04 Januari 2024, 00:27 WIB
Rizal Ramli Wafat, Din Syamsuddin: Bangsa Indonesia Kehilangan Intelektual Pejuang
Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin/RMOL
rmol news logo Wafatnya begawan ekonomi Rizal Ramli merupakan kehilangan bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, sosok almarhum terkenal sangat kritis dan konsisten memperbaiki bangsa Indonesia dengan mengedepankan nalar intelektual dan aktivis sejati.

Hal itu disampaikan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin seusai takziah di rumah duka almarhum Rizal Ramli di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu malam (3/1).

“Adalah kehilangan bagi kita semua. Tidak hanya bagi keluarga, bagi para sahabat, tapi juga bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan. Sosok almarhum Rizal Ramli tak dapat dibantah adalah seorang akademisi, intelektual, teknokrat, tapi juga pejuang,” ucap Din.

Menurut mantan Ketua Umum MUI itu, Rizal Ramli telah memberikan tauladan hingga akhir hayatnya tentang bagaimana seorang intelektual dan pejuang bersikap.

“Tidak banyak kaum intelektual yang juga menjadi pejuang. Terutama tidak merasa lelah untuk memperjuangkan kebenaran,” tuturnya.

“Bahasa Islamnya, menegakkan kemakrufan dan mencegah kemunkaran. Amar maruf nahi munkar. Beliau melakoni itu hingga akhir hayatnya,” demikian Din Syamsuddin.

Almarhum Rizal Ramli menghembuskan napas terakhirnya dalam perawatan di Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Selasa malam (2/1).

Mendiang Rizal Ramli dirawat sejak sekitar sebulan lalu, karena mengidap kanker pankreas stadium 4.

Rencananya, jenazah almarhum Rizal Ramli akan dimakamkan pada Kamis (4/1) besok di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA