Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kontras: Penghormatan HAM 9 Tahun Jokowi Dalam Situasi Krisis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 29 Desember 2023, 10:33 WIB
Kontras: Penghormatan HAM 9 Tahun Jokowi Dalam Situasi Krisis
Diskusi bertajuk "Kemunduran Demokrasi: Kembalinya Negara Kekuasaan dan Pengabaian Hak Asasi Manusia" di Sadjoe Cafe Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (29/12)/Ist
rmol news logo Penghormatan terhadap hak asasi manusia (HAM) dalam sembilan tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo berada dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Begitu dikatakan Komisi Untuk Orang Hilang Dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Dimas Bagus Arya dalam diskusi bertajuk "Kemunduran Demokrasi: Kembalinya Negara Kekuasaan dan Pengabaian Hak Asasi Manusia" di Sadjoe Cafe Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (29/12).

"Situasi penghormatan Hak Asasi Manusia dan Demokrasi dalam 9 tahun terakhir mengalami penurunan yang amat sangat drastis dan berada dalam situasi krisis," ujar Bagus.

Menurutnya, kondisi itu berkorelasi dengan pengabaian tanggung jawab penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu yang belum ada kabar.

"Pelanggaran HAM berat masa lalu sampai sekarang belum kunjung dituntaskan secara berkeadilan dan bermartabat," tuturnya.

Faktor lainnya, lanjutnya, adalah penutupan ruang sipil yang dilandasi dengan semakin sempitnya ruang berpendapat dan berpikir serta berekspresi.

"Ruang-ruang tersebut ditutup dengan makin maraknya fenomena pembungkaman, represivitas, serangan digital dan kriminalisasi," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA