Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DEBAT PILPRES 2024

Cak Imin Tegaskan Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen Realistis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 22 Desember 2023, 21:27 WIB
Cak Imin Tegaskan Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen Realistis
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin/Rep
rmol news logo Calon presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berambisi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara bertahap, mulai dari 5,5 hingga 6 persen.

Demikian dikatakan Cak Imin dalam debat cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Jumat malam (22/12).

Cak Imin menekankan bahwa pihaknya bisa saja membuat target pertumbuhan ekonomi di atas 7 persen, namun dirinya ingin mewujudkan pertumbuhan yang berkualitas dan inklusif.

Menurutnya, target 5,5 hingga 6 persen yang ditetapkan paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) merupakan hal yang realistis dan tidak membebani negara dengan utang luar negeri.

"Target yang berjumlah 5,5 hingga 6 persen itu realistis yang tidak membebani bagi proses pembangunan kita di masa mendatang," kata Cak Imin.

Cak Imin menekankan bahwa pihaknya berusaha menjaga APBN tetap sehat dan tidak mewariskan beban utang jangka panjang pada generasi mendatang.

"Sekarang saja persentase APBN Rp3.000 triliun untuk bayar utangnya cukup tinggi. Utang luar negeri yang terlalu banyak, mengakibatkan beban bukan hanya pemerintahan hari ini, tapi juga anak turunan kita akan mengalami banyak beban utang yang panjang," kata Cak Imin.

Debat kali ini mengangkat tema ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.rmol news logo article


Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA