Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawa Tiga Tuntutan, Kamis Depan Ribuan Buruh Datangi Gedung MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Jumat, 15 Desember 2023, 21:49 WIB
Bawa Tiga Tuntutan, Kamis Depan Ribuan Buruh Datangi Gedung MK
Presiden Partai Buruh, Said Iqbal/Rep
rmol news logo Ribuan buruh bakal berunjuk rasa di depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).

Menurut Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, ada tiga isu yang akan disampaikan serikat buruh saat unjuk rasa itu.

"Pertama, terkait isu kenaikan upah, kedua tolak omnibus law cipta kerja, dan ketiga stop perang Israel-Palestina," papar Said Iqbal, saat konferensi pers via Zoom, Jumat (15 /12).

Pada saat unjuk rasa digelar, tambah Said, bertepatan dengan sidang perdana uji materiil UU Cipta Kerja, yang telah didaftarkan Partai Buruh ke MK, awal Desember lalu.

Lebih lanjut Said Iqbal juga menyinggung soal upah minimum regional (UMR) yang naik, tapi dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup para buruh.

"Kami minta revisi SK Gubernur yang menaikkan upah sebesar 3,6 persen, kami minta revisi, karena nombok Rp10 juta. Berdasar survei, biaya hidup saat ini Rp15 juta-Rp16 juta, sedangkan saat ini upah Rp5 juta-Rp 6 juta paling tinggi. Kita nombok semua," sesalnya.

Selain Gedung MK, Serikat Buruh yang lain juga menggelar aksi besar, tujuannya istana negara dan Kedubes AS.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA