Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Alam Ganjar Bicara Pentingnya Creative Hub Sebagai Wadah Kolaborasi Bisnis Anak Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 30 November 2023, 09:06 WIB
Alam Ganjar Bicara Pentingnya Creative Hub Sebagai Wadah Kolaborasi Bisnis Anak Muda
Talkshow Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Perguruan Tinggi Kota Bandung bertema "Menggelorakan Semangat Berwirausaha Sebagai Generasi Perintis Bukan Pewaris" di De Medellin Cafe, Kota Bandung, Jawa Barat/Ist
rmol news logo Memulai bisnis tentu tidak mudah, ada sejumlah kendala yang dihadapinya, salah satu persoalan utamanya adalah jaringan dan ekosistem lingkungan pertemanan yang harus kuat.

Begitu dikatakan pegiat sociopreneur, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, dalam talkshow Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Perguruan Tinggi Kota Bandung bertema "Menggelorakan Semangat Berwirausaha Sebagai Generasi Perintis Bukan Pewaris" di De Medellin Cafe, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di hadapan peserta yang didominasi anak muda, Alam menceritakan pengalaman pertamanya dalam membangun usaha, yang dia mulai dari kelas 10 SMA bersama teman-temannya, dengan produk sepatu dan notebook ramah lingkungan bernama Sagasco.

"Walaupun masih banyak yang harus diperbaiki, saya jadi belajar firsthand mulai dari desain, produk manufaktur dan marketing. Tentu dengan bantuan teman-teman," ujar Alam dalam keterangan tertulis, Kamis (30/11).

Lanjutnya, setidaknya ada dua kendala yang dihadapi dalam berbisnis, salah satunya adalah jaringan.

"Karena prinsipnya berbisnis itu enggak bisa sendiri, makanya harus kolaborasi dan menemukan partner yang mampu saling back up keahlian, itu kendala di awal, belum ada lingkungan teman yang saling melengkapi," katanya.

Mendapat kendala itu, Alam mengaku tidak patah arang. Dia terus mencari jalan keluar, salah satunya dengan memperkuat koneksi dengan mengikuti berbagai macam organisasi dan bergabung dalam ekosistem yang mendukung perkembangan bisnis ke depan.

Soal pembangunan ekosistem dan jejaring itu, Alam memandang pentingnya keberadaan fasilitas yang dapat mendukung perkembangan anak muda dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya, adalah ketersediaan creative hub yang menjadi wadah anak muda untuk membangun ekosistem.

"Saya rasa creative hub itu harus ada di setiap daerah, di mana dari tempat tersebut kita bisa saling bertemu, berdiskusi untuk kolaborasi dalam berbisnis," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA