Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Ingatkan Pemerintah soal Inflasi Terus Merangkak Naik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 28 November 2023, 11:07 WIB
DPR Ingatkan Pemerintah soal Inflasi Terus Merangkak Naik
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung/RMOL
rmol news logo Pemerintah diingatkan untuk mengantisipasi ancaman inflasi yang setiap hari meningkat. Pasalnya, sentimen negatif dari inflasi membuat nilai tukar rupiah jeblok.

Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung, ada perbedaan sekarang dan tahun lalu. Tahun lalu pada masa Covid-19, perdagangan dan pendapatan cukup terbatas, lantaran daya beli masyarakat melemah.

"Nah, sekarang Indonesia menghadapi inflasi di sisi penawaran akibat dari di stok nasional atau rantai pasok global," ujar Martin kepada wartawan, Selasa (28/11).

Namun, di saat yang bersamaan, pemerintah akan menggelontorkan dana bantuan sosial dan ada cast transfernya. Hal ini dikhawatirkan menjadi penyumbang inflasi lebih besar lagi.

"Hal ini saya pikir harus dilihat dengan baik. Kita bukan tidak setuju membantu masyarakat yang terdampak El Nino, tetapi juga harus dilihat jangan sampai terjadi double side inflation," kata Martin.

Martin menerangkan, dari sisi penawarannya belum beres, sementara lagi ada uang yang beredar di masyarakat. Ia mengaku khawatir bisa terjadi demand pull inflation atau jumlah permintaan telah melebihi penawaran.

Kalau dari dua sisi ini terjadi inflasi, kata Martin, secara logika bisa terjadi inflasi yang lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi pada kuarter pertama 2024.

"Nah, kalau terjadi inflasi lebih tinggi daripada pertumbuhan ekonomi, artinya kita punya real money juga akan turun. Kalau uang yang kita pegang itu nilainya turun, pasti menekan nilai tukar rupiah. Jadi akan berlanjut-lanjut efeknya," tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA