Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sore Ini, Menlu Retno Terbang ke New York Bahas Kemerdekaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 27 November 2023, 14:50 WIB
Sore Ini, Menlu Retno Terbang ke New York Bahas Kemerdekaan Palestina
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (tengah) saat mengikuti rapat bersama Komisi I DPR RI terkait Palestina/RMOL
rmol news logo Komitmen dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina akan disuarakan dalam High Level Debate PBB di New York, Amerika Serikat pada Rabu (29/11).

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi ketika rapat bersama Komisi I DPR RI, membahas situasi dan kondisi terkini wilayah Gaza, Palestina di Gedung Nusantara II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/11).

Menlu Retno berujar, akan terbang ke AS pada Senin sore nanti untuk menghadiri High Level Debate dan membahas mengenai isu Gaza.

"Pada tanggal 29 November nanti, akan dilakukan High Level debate di Dewan Keamanan PBB mengenai isu Gaza," kata Menlu Retno.

Selain Indonesia, para menteri luar negeri dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang memperoleh mandat akan hadir dalam pertemuan tersebut.

Dia menambahkan, dalam memperjuangan kemerdekaan Gaza, perlu ada tekanan kepada negara-negara pendukung Israel agar Dewan Keamanan PBB untuk bertindak.

"Tekanan internasional harus terus diberikan agar de-eskalasi dapat segera tercapai. Dewan Keamanan PBB memiliki tanggung jawab moral untuk menjaga keamanan dan perdamaian, dan untuk memperjuangkan keadilan dan kemanusiaan," tegasnya.

Ditegaskan Retno, resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 27 dan 12 merupakan awal yang baik, namun belum cukup untuk mengatasi situasi saat ini.

Oleh karena itu, para menteri luar negeri OKI menilai perlu sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB yang lebih komprehensif dan lebih kuat.

"Terutama untuk terciptanya sebuah ceasefire (Gencatan senjata) yang permanen dan pemberian bantuan yang lancar," tutupnya.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA