Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bobby Nasution Dipecat, Suara PDIP Tergerus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 15 November 2023, 22:36 WIB
Bobby Nasution Dipecat, Suara PDIP Tergerus
Walikota Medan sekaligus kader PDIP, Bobby Afif Nasution/Net
rmol news logo Kabar pemecatan Bobby Nasution sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi menggerus perolehan suara partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pengamat komunikasi politik, Arifki Chaniago menilai, potensi tergerusnya suara PDIP ini karena tingkat akseptabilitas Walikota Medan tersebut cukup tinggi di Sumut.

“Tingkat akseptabilitas dan elektabilitas Bobby ini cukup tinggi di beberapa survei terakhir di Sumatera Utara. Sehingga ini bisa jadi faktor yang merongrong basis pemilih PDIP,” jelas Arifki, Rabu (15/11).

Selain soal akseptabilitas Bobby, suara PDIP rentan tergerus karena tingkat kepuasaan publik kepada Presiden Jokowi cukup tinggi. Hal ini tentu menjadi pertaruhan besar bagi PDIP dengan memecat menantu Presiden Jokowi itu.

Di sisi lain, Arifki mencermati ada potensi migrasi pemilih Jokowi yang ada di PDIP ke Prabowo-Gibran.

"Jika menantunya dipecat sebagai kader, pesan politiknya makin terbuka. Keluarga Jokowi mulai dipisahkan dari PDIP. Ini bakal berdampak dengan keluarnya pendukung Bobby atau mungkin Jokowi dari PDIP," tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA