Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

King’s College London di KEK Singhasari Mulai Beroperasi Tahun Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 02 November 2023, 21:16 WIB
King’s College London di KEK Singhasari Mulai Beroperasi Tahun Depan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Pemerintah terus mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia agar pembangunan sumber daya manusia berkualitas bisa diwujudkan. Hal itu sekaligus untuk menyukseskan visi besar Indonesia Emas 2045.

Peningkatan kualitas SDM tersebut diimplementasikan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui penyelenggaraan Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) KEK Singhasari di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Rencana penyelenggaraan PTLN di KEK Singhasari tersebut dilakukan melalui pendirian Place Based Transnational Education (Place-Based TNE) oleh King’s College London (KCL).

Pada 23 Oktober 2023 lalu, Kementerian Koordinator di bawah pimpinan Airlangga Hartarto ini telah melaksanakan penandatanganan Memorandum of Agreement mengenai penyelenggaraan Place-Based TNE di KEK Singhasari.

Kehadiran KCL di KEK Singhasari tersebut juga diharapkan akan menjadi role model bagi pengembangan ekosistem pendidikan di Indonesia kedepannya.

Mengutip laman Kemenko Perekonomian, Kamis (2/11), penyediaan infrastruktur pendukung operasionalisasi KCL di KEK Singhasari pada Tahap I difasilitasi oleh KEK Singhasari. Sedangkan untuk tahap selanjutnya, akan dilakukan melalui kerja sama Universitas Muhammadiyah Malang dengan pembangunan Center for Future Work.

Untuk penyelenggaraan pendidikan di KCL, pada tahap awal akan difokuskan pada ekonomi digital melalui Program MSc Digital Economies pada September 2024 dan dilanjutkan Program MSc Digital Futures pada Januari 2025.

Program-program tersebut akan menjadi prioritas guna menyiapkan lulusan yang siap dengan kebutuhan dunia kerja di era digital saat ini, sehingga kelak Indonesia akan mampu turut bersaing di level global.

Dalam rencana pengembangan ke depan, penambahan satu program baru akan diluncurkan setiap tahunnya. Rencana program lanjutan dimaksud antara lain berupa MSc Digital Law pada tahun ke-3, MSc Psychology pada tahun ke-4, dan MSc Cyber Security pada tahun ke-5.

Selain itu, penerimaan mahasiswa baru pada 3 tahun pertama ditargetkan mencapai 387 mahasiswa. Untuk pembiayaan bagi para mahasiswa, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) telah berkomitmen memberikan dukungan bagi sekitar 275 mahasiswa dengan alokasi sebesar Rp126,5 miliar di luar biaya living cost dan lain-lain. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA