Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BNPT Usul Tempat Ibadah Dikontrol Pemerintah, PKS: Bahaya Bagi HAM dan Hilangkan Harmoni

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Rabu, 06 September 2023, 12:12 WIB
BNPT Usul Tempat Ibadah Dikontrol Pemerintah, PKS: Bahaya Bagi HAM dan Hilangkan Harmoni
Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid/RMOL
rmol news logo Usulan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) agar Pemerintah mengontrol semua tempat ibadah di Indonesia untuk menekan tumbuhnya radikalisme, menjadi polemik.

Kritik pada rencana itu, salah satunya diutarakan Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid. Menurutnya, wacana tersebut tidak sesuai dengan ketentuan konstitusi yang berlaku di Indonesia dan bisa menjadi teror yang membahayakan.

"Wacana itu selain berbahaya bagi pelaksanaan HAM terkait kebebasan beragama, bahkan bisa menghilangkan harmoni karena bisa memicu tumbuhnya sikap saling curiga sesama anak bangsa," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/9).

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu melanjutkan, apabila ada indikasi penyebaran kebencian dan perilaku radikalisme di rumah ibadah, aparat penegak hukum seharusnya dapat melakukan tindakan preventif dan persuasif.

Untuk itu, dia meminta rencana tersebut ditinjau ulang. Terutama, untuk memastikan semua tindakan diambil berdasarkan bukti adanya pelanggaran.

"Wacana mengontrol tempat ibadah ini harus benar-benar ditinjau ulang dan ditolak secara tegas. Apalagi, bila tidak ada bukti sebagai dasar yang kuat untuk melaksanakan itu," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA