Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakar: Keberatan Haji Isam Soal Pemberitaan Diajukan ke Dewan Pers Sudah Tepat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 23 Agustus 2023, 11:31 WIB
Pakar: Keberatan Haji Isam Soal Pemberitaan Diajukan ke Dewan Pers Sudah Tepat
Dewan Pers/Net
rmol news logo Jenis opini dan berita hard news berbeda dalam pandangan jurnalistik.

Hal tersebut disampaikan pakar media yang juga Dosen Komunikasi Kajian Budaya dan Media Universitas Bunda Mulia (UBM), Teguh Hidayatul Rachmad merespons laporan tim kuasa hukum Haji Isam ke Dewan Pers mengenai opini dan pemberitaan di Majalah Tempo.

“Perlu di-highlight bahwa berita opini berbeda dengan hard news atau feature, dikarenakan opini mempunyai definisi sebagai berita yang sesuai pendapat, argumentasi, dan analisis suatu peristiwa oleh narasumber. Narasumber bisa berasal dari cendekiawan, jurnalis, dan tokoh masyarakat,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (23/8).

Di sisi lain, Teguh menilai langkah Haji Isam mengadukan pemberitaan media massa ke Dewan Pers sudah tepat. Dalam laporannya, tim kuasa hukum Haji Isam mempersoalkan opini berjudul Kontroversi Pengangkatan Pejabat KLHK dan berita di rubrik lingkungan Comot Pasang Tanda Tangan dan Orang Daerah di Lembaga Basah di Majalah Berita Mingguan Tempo (MBM) edisi 14-20 Agustus 2023.

“Langkah ini sudah tepat membawa kasus ke Dewan Pers. Dewan Pers nantinya bisa memediasi antara kedua belah pihak agar konflik pemberitaan ini selesai," tegasnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Pers sekaligus Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers, Yadi Hendriana mengaku telah menerima laporan tim kuasa hukum Haji Isam. Ia memastikan saat ini Dewan Pers tengah mendalami dan menganalisa laporan tersebut.

“Dewan Pers menerima pengaduan dari lawyer bapak Haji Andi Syamsuddin Arsyad, yakni Junaidi dan Mohtar Yogasara atas tulisan Majalah Tempo (edisi) 20 Agustus. Kami sedang dalami dan analisa kasusnya,” jelas Yadi. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA