Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elektabilitas Anies Jauh di Bawah Ganjar dan Prabowo, Begini Respons Nasdem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 21 Agustus 2023, 21:17 WIB
Elektabilitas Anies Jauh di Bawah Ganjar dan Prabowo, Begini Respons Nasdem
Wakil Ketua Partai Nasdem, Ahmad Ali/RMOL
rmol news logo Elektabilitas Anies Baswedan berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, jauh di bawah dua pesaingnya, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Anies hanya meraih 12,7 persen, tertinggal dari Ganjar (34,1 persen) dan Prabowo (31,3 persen).

Toh Nasdem kurang yakin dengan hasil survei itu, lantaran realita di lapangan dinilai jauh berbeda.

Wakil Ketua Partai Nasdem, Ahmad Ali, menyampaikan pengalamannya pada Pemilu 2014 dan Pemilu 2019 terkait hasil lembaga survei. Dalam sejumlah survei seperti LSI dan SMRC, Nasdem dikatakan tidak lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen.

Faktanya, baik pada 2014 maupun 2019, Nasdem melenggang ke Senayan. Bahkan pada Pemilu 2019 masuk dalam 5 besar partai parlemen.

“Pertanyaan saya, bagaimana pertanggungjawaban moral para lembaga-lembaga survei tersebut? Begitu juga kemudian hari ini saya tidak terlalu risau bahwa lembaga survei itu sebagai suatu forum lembaga akademis keilmuan,” kata Ahmad Ali kepada wartawan, Senin (21/8).

“Ini kita jadikan rujukan karena prinsipnya begini, peneliti itu boleh salah boleh tidak sesuai, tapi yang tidak boleh dilanggar itu adalah tentang moralitas kebohongan kan?” imbuhnya.

Dia menambahkan, di lapangan banyak masyarakat yang mengidolakan Anies. Hal ini bertolak belakang dengan hasil di berbagai lembaga survei tersebut.

“Jadi gini, benar bahwa aroma kecintaan, aroma kemenangan, itu kita bisa rasakan ketika kita berinteraksi dengan masyarakat. Toh Pak Anies ini selalu saya istilahkan begini, modal bismillah hasil alhamdulillah,” ujarnya.

“Dari setiap kunjungan-kunjungan ke daerah tidak pernah melakukan mobilisasi terhadap rakyat, artinya masyarakat datang sendiri. Kemudian setiap berkunjung ke mana-mana tidak pernah dimobilisasi itu adalah berarti kami berkesimpulan di dalam masyarakat betul-betul murni mencintai gagasan yang dibawakan oleh Anies,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA