Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temukan Peserta Seleksi Anggota Bawaslu Daerah Terafiliasi Parpol, Kornas JPPR Minta Perbaikan Sistem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 11 Agustus 2023, 22:53 WIB
Temukan Peserta Seleksi Anggota Bawaslu Daerah Terafiliasi Parpol, Kornas JPPR Minta Perbaikan Sistem
Ilustrasi Foto/Ist
rmol news logo Seleksi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah kembali disorot, karena muncul dugaan peserta terafiliasi partai politik (Parpol).

Hal itu diungkapkan oleh Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (Kornas JPPR), Nurlia Dian Paramita menjelaskan. Pihaknya mendapat laporan, 4 daerah di Sulawesi telah tercatat sejumlah nama pendaftar yang terafiliasi Parpol.

"Temuan JPPR berdasarkan atas informasi dari sekretariat provinsi di Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Barat (Sulbar), Gorontalo, dan Sulawesi Utara (Sulut) yang telah menemukan adanya peserta terafiliasi politik," ujar Paramita kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (11/8).

Dia mengungkapkan, temuan spesifik dalam proses seleksi anggota Bawaslu di empat daerah tersebut adalah bentuk keterikatan politik dari para peserta yang terafiliasi.

"Beberapa temuan JPPR di daerah tersebut sudah ditindaklanjuti melalui upaya pemberian tanggapan masyarakat kepada Timsel (Tim Seleksi)," jelasnya.

Sosok yang kerap disapa Mita itu menegaskan, Bawaslu seharusnya merespon temuan JPPR sebagai bahan perbaikan seleksi anggota Bawaslu di daerah.

"Namun upaya tersebut tidak direspon dengan baik oleh Timsel," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA