Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Bendera PKB, Mantan Kabareskrim Susno Duadji Nyaleg DPR RI dari Dapil II Sumsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 29 Juni 2023, 06:11 WIB
Pakai Bendera PKB, Mantan Kabareskrim Susno Duadji Nyaleg DPR RI dari Dapil II Sumsel
Mantan Kabareskrim Polri, Susno Duadji, maju sebagai bakal calon legislatif DPR RI bersama PKB/Net
rmol news logo Mantan Kabareskrim Polri, Komjen (Purn) Susno Duadji dikabarkan maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) II Sumatera Selatan. Susno memakai bendera Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk memperebutkan kursi DPR.

Kabar ini dibenarkan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Sumsel, Nasrul Halim. Dapil II  sendiri meliputi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI), Muara Enim, Lahat, dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

"Benar Susno Duadji mencalonkan diri sebagai bacaleg DPR RI dari PKB Dapil II (Sumsel). Saat ini tahapannya masih daftar pemilih sementara (DCS)," ujar Nasrul, Rabu (28/6).

Nasrul mengaku Susno telah bergabung dengan PKB kurang lebih setahun. Alasan Susno bergabung dengan partai besutan Muhaimin Iskandar itu karena banyak ulama di dalamnya.

"Bergabung dengan PKB kurang lebih satu tahun. Alasan bergabung karena merasa partai ini (banyak) ulama. Beliau datang sendiri ke PKB dan niatnya untuk bergabung ke PKB dan ingin membesarkan PKB di sumsel," tuturnya.

Selain Susno, sejumlah mantan pejabat juga ikut maju sebagai bacaleg DPR RI pada Pemilu 2024 nanti. Salah satunya Walikota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe.

Nama Susno sempat mencuat ketika menjabat Kabareskrim Polri. Saat itu Susno diketahui terlibat kasus korupsi. Susno terbukti bersalah dalam kasus korupsi PT Salmah Arowana Lestari dan korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat.

Oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Susno divonis 3,5 tahun penjara pada Maret 2011.

Kasusnya ini cukup menyita perhatian publik karena sulitnya mengeksekusi Susno ke penjara. Hingga akhirnya Susno menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Cibinong pada Mei 2013. Dia dinyatakan bebas pada Maret 2015. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA