Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Inovasi Jadi Driver Pertumbuhan Ekonomi dan Katalis Kesejahteraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 28 Juni 2023, 07:20 WIB
Menko Airlangga: Inovasi Jadi Driver Pertumbuhan Ekonomi dan Katalis Kesejahteraan
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
rmol news logo Penguatan riset dan inovasi menjadi salah satu fondasi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Berkolaborasi dengan masyarakat, pemerintah berperan tidak hanya sebagai regulator, tetapi juga sebagai enabler dan akselerator.

“Inovasi akan menjadi driver pertumbuhan ekonomi, menjadi katalis untuk pencapaian kesejahteraan, dan kunci untuk membawa ekonomi tetap bersaing di tengah lingkungan yang dinamis,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/6).

Beberapa kebijakan telah disusun pemerintah dalam menghadapi era saat ini, di antaranya mendorong produktivitas SDM dengan pendidikan dan pelatihan vokasi, meluncurkan program Kartu Prakerja, dan Digital Talent Scholarship.

“Kartu Prakerja menjadi contoh keberhasilan inovasi program government to citizen yang secara digital menghubungkan peserta dengan lembaga pelatihan dan lowongan pekerjaan,” lanjut Menko Airlangga.

Pemerintah juga merevitalisasi sektor manufaktur melalui “Making Indonesia 4.0” dengan prioritas pada 7 sektor, yaitu makanan-minuman, tekstil, otomotif, kimia, elektronik, alat kesehatan, dan farmasi.

Untuk mendorong pemerataan antarwilayah, pemerintah telah meluncurkan Satelit Satria memperkuat infrastruktur teknologi Indonesia.

Kemudian untuk mendukung UMKM naik kelas dan menjadi bagian global value chain, pemerintah mendorong UMKM melalui legalitas dan perijinan, standardisasi dan sertifikasi, termasuk sertifikasi halal.

“Dalam menyongsong visi Indonesia Emas dan perubahan ke depan, kita perlu bekerja sama mendorong ekonomi melalui inovasi dan terobosan terbaik. Inovasi bisa dilakukan mulai dari pemerintah, individu, UMKM, serta korporasi besar,” tutup Ketua Umum Partai Golkar ini.rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA