Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejahterakan Petani, Menko Airlangga Resmikan Program Kemitraan Closed Loop di Simalungun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 22 Juni 2023, 15:50 WIB
Sejahterakan Petani, Menko Airlangga Resmikan Program Kemitraan <i>Closed Loop</i> di Simalungun
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Sumatera Utara/Ist
rmol news logo Sektor pertanian menjadi salah satu yang terus dikembangkan pemerintah lantaran berkontribusi signifikan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah telah berinisiatif melakukan kolaborasi multistakeholders dalam pengembangan ekosistem agribisnis yang efisien serta integrasi hulu dan hilir berbasis teknologi dalam meningkatkan daya saing.

Pemerintah juga telah menginisiasi model kemitraan closed loop agribisnis hortikultura dengan melibatkan petani, koperasi, perbankan, offtaker, dan pelaku usaha dari hulu hingga hilir untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan petani.

“Pemerintah berharap seluruh komoditas dapat memperoleh untung yang baik dan offtaker-nya ada. Kami akan mendorong tidak hanya ke swasta, melainkan juga ke BUMN agar tujuan (pengembangan) hortikultura tercapai,” kata Airlangga dalam Launching Kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura di Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun (KPT-S), Dolok Silau, Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (22/6).

Program kemitraan closed loop di Kabupaten Simalungun dengan luas lahan sebesar 2.500 hektare merupakan implementasi kedua di Provinsi Sumut setelah sebelumnya Kabupaten Deli Serdang di tahun 2022 lalu.

Selain sektor pertanian, program kemitraan closed loop di Kabupaten Simalungun juga akan mengembangkan beberapa sektor lainnya, mulai dari sektor peternakan seperti Unit Pengolahan Pupuk Organik dan Urban Farming Unggas, sektor perikanan seperti Urban Farming Lele dan Kolam Air Tawar, serta sektor pariwisata seperti Agrowisata dan Desa Wisata.

Menko Airlangga pun mengapresiasi pemda setempat yang telah menginisiasi pengembangan closed loop sehingga dapat menjadi pilot project bagi wilayah lainnya.

Harapannya, pemda dapat terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui regenerasi dan pengembangan petani milenial untuk mendorong percepatan pembangunan sektor pertanian mendatang.

“Saya berharap bahwa model di sini bisa menjadi percontohan di Sumatera Utara. Ini akan terus kami dorong dan diharapkan kesejahteraan petani bisa meningkat,” pungkas Menko Airlangga. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA