Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Buka Expo Pengawasan Internal 2023, Kepala BPKP: APIP Mesti Kawal APBN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 19 Juni 2023, 10:56 WIB
Buka Expo Pengawasan Internal 2023, Kepala BPKP: APIP Mesti Kawal APBN
Pembukaan Expo Pengawasan Internal dibuka Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh, di TMII, Jakarta Timur, Senin (19/6)/RMOL
rmol news logo Expo Pengawasan Internal tahun 2023 resmi dibuka Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (19/6).

Dalam sambutannya, dia menjelaskan acara tahunan tersebut digelar sebagai wujud komitmen BPKP melaporkan hasil pengawasan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di seluruh kementerian/lembaga.

"Tujuan penyelenggaraan ini adalah untuk menampilkan hasil kerja, karya, kontribusi inovasi, sharing pengetahuan (tentang pengawasan) di masing-masing tempat," ujar Ateh saat membuka acara.

Selain itu, penyelenggaraan acara itu juga dimaksudkan untuk membangun kolaborasi antara APIP di seluruh kementerian/lembaga, agar APBN dan APBD bisa akuntabel.

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden pada Rakor Pengawasan Internal pada 14 Juni 2023 lalu kita memperoleh amanah luar biasa. APBN dan APBD harus produktif," sambungnya menegaskan.

Lebih dari itu, Ateh mengingatkan kepada seluruh APIP di kementerian/lembaga untuk bekerja secara profesional, guna memastikan uang negara yang dibelanjakan bisa bermanfaat.

"Agar setiap rupiah yang dibelanjakan dari anggaran belanja negara harus konkret dan produktif," ucapnya.

"Kita sebagai pengawas internal harus mengawal itu, jangan menjadi aksesoris lembaga saja," demikian Ateh menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA