Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bawaslu Daerah Diminta Pelototi Distribusi Logistik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 17:56 WIB
Bawaslu Daerah Diminta Pelototi Distribusi Logistik
Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda/Ist
rmol news logo Distribusi logistik Pilkada jadi bahan evaluasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan dipastikan jadi materi pengawasan oleh jajaran di daerah.

Anggota Bawaslu RI, Herwyn JH Malonda, mencontohkan distribusi logistik pada Pilkada 2020, yakni lokasi percetakan di luar provinsi, hingga memakan waktu pengiriman.

“Mitigasi perlu kita lakukan, terutama lokasi percetakan. Semakin jauh semakin bermasalah distribusinya, apalagi daerah yang geografisnya kepulauan atau pegunungan,” papar Herwyn, dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/6).

Masalah distribusi logistik diakui rawan terjadi di daerah. Kalau pusat hanya untuk pemilihan Presiden/Wakil Presiden, DPR, dan alat bantu tunanetra.

“Kalau di provinsi pengadaan surat suaranya banyak, itu jadi perhatian kita, karena sebagian besar surat suara ada di KPU Provinsi,” sambungnya menuturkan.

Tak hanya surat suara, Herwyn juga menitikberatkan perhatian jajaran Bawaslu daerah pada pengadaan kotak suara, karena bisa jadi permasalahan jika spesifikasinya tidak pas, baik dari ukuran maupun bahan.
 
“Itu bisa menimbulkan masalah dan mengganggu proses berlangsungnya pemungutan suara,” katanya. rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA