Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika PDIP Gabung KIB, PAN dan PPP Kemungkinan Geser ke KKIR

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 21 Februari 2023, 17:18 WIB
Jika PDIP Gabung KIB, PAN dan PPP Kemungkinan Geser ke KKIR
Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga/Ist
rmol news logo Koalisi Indonesia Bangkit (KIB) diprediksi akan bubar. Hal itu bisa terjadi kalau masing-masing partai politik di dalamnya ngotot untuk mencalonkan presiden. Potensi ini makin besar apabila PDI Perjuangan jadi bergabung ke KIB.

Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga berpendapat, jika PAN dan PPP memisahkan diri, PDIP punya peluang untuk berkoalisi dengan Partai Golkar saja. Terlebih, dua partai besar ini sudah memenuhi syarat ambang batas presiden 20 persen.

Mantan Dekan FIKOM IISIP ini menambahkan, keinginan PAN mengusung Ganjar Pranowo akan menjadi kendala PDIP untuk bergabung di KIB. Sehingga PAN pun berpotensi keluar dari koalisi tersebut.

“Ada kemungkinan PAN dan PPP bergabung ke KKIR bersama Prabowo. Namun kemungkinan ini kecil, karena Jokowi tidak akan mau bertentangan dengan PDIP. Hal ini akan membuat PPP dan PAN mengalah,” tutur Jamiluddin Ritonga kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (21/2).

Oleh karena itu, Jamiluddin masih melihat kemungkinan KIB tetap utuh bersama PDIP. Hanya saja, kalau koalisi tersebut mengusung Puan-Airlangga atau sebaliknya, peluang menang memang relatif kecil.

“Sebab, baik Puan maupun Airlangga, elektabilitas hingga saat ini sangat rendah,” tutupnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA