Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Sistem Proporsional Tertutup, Partai Darul Aceh: Rakyat Tak Tahu Siapa Wakilnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 09 Januari 2023, 17:03 WIB
Tolak Sistem Proporsional Tertutup, Partai Darul Aceh: Rakyat Tak Tahu Siapa Wakilnya
Abi Muhib bersama pengurus PDA saat mendaftarkan partai ke KIP Aceh beberapa waktu lalu/RMOLAceh
rmol news logo Penolakan atas wacana Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 menggunakan sistem proporsional tertutup ikut disampaikan Ketua Umum Partai Darul Aceh (PDA), Muhibbussabri A. Wahab alias Abi Muhib. Menurut dia, sistem itu akan merugikan masyarakat.

"Masyarakat akan menanyakan wakil mereka siapa," kata Abi Muhib kepada Kantor Berita RMOLAceh, Senin (9/1).

Menurut Abi Muhib, jika dilaksanakan, sistem proporsional tertutup akan memunculkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap partai. Karena masyarakat lebih percaya calon legislatif dibandingkan partai.

Ia menilai, dengan sistem proporsional tertutup, pemerintah telah membuat masyarakat tak memiliki wakilnya di lembaga pemerintahan. Sayangnya, kata dia, pemerintah seperti ingin menabrak keinginan masyarakat.

Lebih jauh, Abi Muhib menjelaskan, sistem proporsional tertutup adalah sistem yang pernah diterapkan di masa Orde Baru. Sehingga saat ini sistem tersebut sungguh tidak layak digunakan.

Karena, ketika masyarakat ingin mengadukan persoalan yang sedang dihadapi, mereka tidak tahu harus ke siapa. Sebab masyarakat tidak tahu siapa yang menjadi wakil mereka.

"Sebab itu, kita harus memberi hak kepada masyarakat untuk mengirimkan wakilnya ke parlemen,” tegas Abi Muhib. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA