Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PDIP Berpeluang Gabung KIB

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 29 Desember 2022, 09:21 WIB
PDIP Berpeluang Gabung KIB
Lambang PDI Perjuangan/Net
rmol news logo Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar, dan PPP hingga saat ini belum mendeklarasikan capres dan cawapres. Di satu sisi, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto sempat mengatakan bahwa KIB sedang menunggu partai lain bergabung, setelah itu mereka akan mendeklarasikan capres dan cawapres.

Dari peta partai politik yang belum berkoalisi, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang belum diasumsikan bergabung dengan koalisi manapun.

Berdasarkan gambaran tersebut, Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago menilai ada peluang besar PDIP berkoalisi dengan KIB.

“PDIP memiliki mesin koalisi yang kuat jika bergabung dengan KIB. Kader PDIP juga diindikasikan dekat dengan KIB, sehingga komunikasi koalisi lebih cepat cair,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (29/12).

Selain itu, bergabungnya PDIP dengan KIB tentu memberi keuntungan bagi Jokowi karena partai pendukung pemerintah bisa bersatu dan melanjutkan agendanya usai lengser tahun 2024 nanti.

“PDIP bersatu dengan KIB bakal memperkecil jumlah koalisi politik di Pilpres 2024. Dua atau tiga pasang masih mungkin terbentuk. Tetapi koalisi KIB dengan PDI-P lebih mudah menggoyahkan partai lain,” demikian Arifki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA