Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Praktisi Medsos: Pemilih Milenial Baru Punya Attention Politik Tapi Belum Mau Terjun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 25 November 2022, 23:57 WIB
Praktisi Medsos: Pemilih Milenial Baru Punya <i>Attention</i> Politik Tapi Belum Mau Terjun
Praktisi Medsos, Communication Spesialist Institut STIAMI Geofakta Razali dalam diskusi bertajuk "Media Sosial Untuk Optimalisasi Tingkat Partisipasi Pemilih Millenial", di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11)/Ist
rmol news logo Keterlibatan pemilih milenial dalam Pemilu Serentak 2024, menjadi satu kelompok yang baru peduli secara wacana namun belum bisa ikut berpatisipasi secara aktif dalam dunia politik.

Hal tersebut disampaikan Praktisi Medsos, Communication Spesialist Institut STIAMI Geofakta Razali dalam diskusi bertajuk "Media Sosial Untuk Optimalisasi Tingkat Partisipasi Pemilih Millenial", di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11).

Mulanya Geofakta Razali menjelaskan, fenomena generasi Z yang lebih memiliki kecenderungan terhadap media sosial bermakna menunjukan satu tahapan perkembangan dari satu kelompok pemilih.

"Mereka punya attention terhadap politik. Tapi mereka enggak bisa langsung terjun ke situ karena masih pada tahap attention," katanya.

Namun menurut Geofakta Razali, tahapan attention yang baru dimiliki kaum milenial tidak serta merta bisa disimpulkan sebagai suatu perilaku pasif dalam berpolitik.

"Tahap attention itu sebenarnya ada persepsi bagaimana mereka melihat persepsi tentang politik sendiri, yang mereka ambil dari experience mereka termasuk dari generasi sebelum mereka," jelasnya.

Namun tidak menutup kemungkinan, lanjut Geofakta Razali, sikap generasi milenial ini bisa bertransformasi menjadi berpartispasi aktif dalam proses demokrasi Indonesia.

"(Setelah) mereka punya persepsi baru mereka akan tercermin dalam perilaku," demikian Geofakta Razali menambahkan. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA