Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Guspardi Gaus Minta KASN Panggil Pejabat Kementan Berseragam Nasdem

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 18 November 2021, 17:43 WIB
Guspardi Gaus Minta KASN Panggil Pejabat Kementan Berseragam Nasdem
Foto Pejabat Eselon I kenakan seragam Kostranas Nasdem di HUT kesepuluh Partai Nasdem/Repro
rmol news logo Pejabat eselon I Kementerian Pertanian mengenakan seragam komando strategi nasional (Kostranas) Partai Nasdem saat menghadiri acara ulang tahun partai yang digawangi Surya Paloh tersebut.

Tindakan Pejabat tinggi Kementan ini menuai polemik di kalangan masyarakat. Meski pihak Kementan sudah meminta maaf, muncul desakan dari parlemen untuk mengusut para pejabat yang mengenakan seragam tersebut.

Salah satunya datang dari anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus yang meminta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bergerak mengusut kasus tersebut.

Menurutnya, KASN harus memanggil ASN untuk meminta keterangan dan klarifikasi tentang adanya indikasi atau tuduhan kepada pejabat eselon I  di Kementan itu.

Ia menyayangkan tindakan Pejabat Kementan itu. Guspardi Gaus kemudian menyebutkan mengacu UU UU 5/2014 ditegaskan ASN  herus netral.

"Tidak boleh berafiliasi ataupun jadi anggota partai politik. Kalau dia ingin jadi anggota partai politik silakan mundur jadi anggota pegawai negeri,” kata Guspardi, Kamis (18/11).

Legislator asal Sumatera Barat itu menambahkan, pejabat eselon I di Kementan itu seharusnya mampu menjadi teladan dengan bersikap netral tanpa terafiliasi dengan partai politik.

"Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kode etik, mereka mesti  menjaga integritasnya sebagai ASN sebaik-baiknya. Harusnya memberikan contoh kepada para ASN level bawah. Bagaimana dia bisa netral, yang di atas saja bersikap seperti itu,” demikian Guspardi.

Sebuah foto menampilkan sejumlah pejabat Eselon I Kementan mengenakan seragam Kostranas Partai Nasdem saat berfoto dengan Paloh dan Mentan yang juga merupakan kader Nasdem, Syahrul Yasin Limpo, di acara HUT ke-10 Nasdem.

Di antara para pejabat ini ada Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, dan beberapa pejabat lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA