Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketimbang Zulhas, Amien Rais Lebih Sreg Pada Drajad Wibowo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 17 Desember 2019, 09:58 WIB
Ketimbang Zulhas, Amien Rais Lebih Sreg Pada Drajad Wibowo
Hanafi-Amien-Dradjad/Net
rmol news logo Tradisi kepemimpinan satu periode di Partai Amanat Nasional (PAN) kemungkinan besar tidak lagi menjadi pakem yang akan dipertahankan, jika petahana Zulkifli Hasan kembali terpilih sebagai ketua umum pada Kongres 2020.

Pasalnya, Zulhas panggilan akrab Zulkifli Hasan sudah mengklaim didorong oleh 30 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan 420 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk maju kembali di kongres awal tahun depan.

Namun menurut pengamat politik dari Saiful Mujani Reserch and Consulting (SMRC) Sirojudin Abbas, dukungan yang didapat Zulhas tidak serta merta membuatnya tidak mempunyai pesaing berat.

Dari beberapa nama calon ketum yang beredar, hanya satu orang yang kemungkinan menjadi pesaing berat Zulhas, yaitu politisi senior PAN Drajad H. Wibowo.

Sebab Sirojudin menilai, Drajad memiliki kedekatan yang lebih baik dengan Amien Rais.

"Pak Drajad Wibowo akan mendapatkan dukungan politik yang sangat besar, karena melihat kedekatannya. Jadi kalau Pak Amien Rais harus mendukung antara Drajad dengan Zulhas, saya kira Pak Amien Rais akan lebih ke Drajad," ujar Sirojudin kepada redaksi, Selasa (17/12).

Disamping itu, Sirojudin melihat pengaruh dan kendali Amien di PAN masih cukup kuat. Sehingga, Zulhas masih memiliki tantangan besar untuk merubah tradisi kepemimpinan yang ada di partai.

"Seberapa besar faktor Pak Amien Rais? Kalau masih besar faktor Pak Amien Rais maka ini tantangan Pak Zulhas sendiri," demikian Sirojudin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA