Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemindahan Ibukota Bisa Jadi Bencana Kalau Tidak Matang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Minggu, 25 Agustus 2019, 10:53 WIB
Pemindahan Ibukota Bisa Jadi Bencana Kalau Tidak Matang
Mardani Ali Sera/Net
rmol news logo Rencana Presiden Joko Widodo untuk memindah ibukota ke Kalimantan tidak boleh serampangan. Harus benar-benar dipikirkan secara matang, baik itu dampak jangka pendek maupun panjang bagi bangsa.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan bahwa pemindahan pusat pemerintahan itu tidak boleh sebatas pikiran jangka pendek dan segelintir orang.

"Ide besar harus dimulai dari pikiran besar. Pemindahan Ibukota bisa jadi bencana kalau tidak kita jaga,” ujarnya di akun Twitter pribadi, Minggu (25/8).

Pemerintah harus memiliki landasan kuat, mulai dari filosofi, yuridis, sosiologis, ekonomi, ekologi, hingga pertahanan keamanannya.

Di satu sisi, Mardani menilai pemindahan ibukota sejatinya merupakan ide yang baik. Sebab dengan itu, Indonesia punya pusat pemerintahan yang dirancang mulai dari nol.

“Bisa didesain yang ekologis, yang humanis dan ekonomis. Saat yang sama juga mencerminkan nilai-nilai Indonesia, " imbuhnya.

"Dia bisa jadi legacy yang baik, warisan yang baik kalau melibatkan seluruh stakeholder. Ayo ini masalah kita bersama," pungkas wakil ketua Komisi II DPR itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA