Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menristekdikti Lantik DPP Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Minggu, 13 November 2016, 16:50 WIB
Menristekdikti Lantik DPP Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia
rmol news logo Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himpunan/Forum Mahasiswa Pascasarjana Indonesia (HMPI) resmi dilantik di Auditorium Dikti Gedung D, Kementerian Ristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta, pada Jumat (11/11) kemarin.  

Menristekdikti Mohamad Nasir akhirnya melantik DPP HMPI setelah penantian lama mengingat Munas VII yang menghasilkan kepengurusan tersebut digelar pada 24-29 Mei 2016 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nasir mengingatkan HMPI harus mendorong budaya riset di perguruan tinggi sehingga bangsa ini diharapkan bisa menjadi bangsa yang memiliki tingkat Indeks Pembangunan Manusia terbaik di kawasan asia pasifik.

Selain itu secara tidak langsung mahasiswa Pascasarjana juga harus melahirkan gagasan solutif terhadap berbagai persoalan bangsa tentunya dengan berbagai perspektif keilmuan.

Ketua Umum DPP HMP Indonesia Andi Fajar Asti sendiri sudah memiliki desain baru terkait eksistensi organisasi yang dipimpinnya tersebut. Yaitu memperkuat konsolidasi keorganisasian, melahirkan gagasan konstruktif secara teruji melalui riset dan publikasi ilmiah, pengembangan SDM dan tridarma perguruan tinggi serta menjadi bagian dari solusi persoalan bangsa.

Dia menambahkan jika Indonesia memimpikan negara berkemajuan, harus mampu mengawinkan antara kepentingan pemerintah, pengusaha dan perguruan tinggi.

"Peran pemerintah membackup pengusaha dan perguruan tinggi dalam bentuk kebijakan. Kemudian pengusaha membeli riset dari perguruan tinggi untuk kepentingan industri, dan perguruan tinggi didorong untuk selalu melakukan riset dan modifikasi teknologi untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa," tandasnya.

Pelantikan DPP HMPI dilanjutkan dengan Rapat Kerja Nasional pada Sabtu-Minggu (12-13/11) di Puncak, Bogor.

Peserta yang hadir dalam pelantikan dan rakernas itu berjumlah 150 orang pengurus dari 60 perguruan tinggi di Indonesia di bawah naungan Kemenristekdikti RI, Kemenag RI dan Kemendagri RI.

Diantaranya Unsyiah Aceh, USU, Unsri Palembang, UI,IPDN, UI,UNJ, UI, UIN Jakarta, Uhamka, UMJ, ITB, UPI, Unpad, UGM, UIN YOGYA, UII, UMB, UIN Riau,  PTIQ, UJ, UP, Udayana, UMS, Undip, UNY, Unram, STKIP Mataram, Unmul,  Unpati, Unhair, Untad, Uho, Uncen, Unlam, Universitas Papua, UNM, Unhas, UIN Makassar, Unibos, Unismuh, UNIFA, UM Sorong, ITS, Unair, UMY, UMB Yogyakarta, Unhan.  [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA