Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

FULL DAY SCHOOL

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia Dukung Full Day School

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/zulhidayat-siregar-1'>ZULHIDAYAT SIREGAR</a>
LAPORAN: ZULHIDAYAT SIREGAR
  • Selasa, 09 Agustus 2016, 17:26 WIB
Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia Dukung <i>Full Day School</i>
Andi Fajar Asti/Net
rmol news logo Wacana penerapan sistem belajar mengajar dengan full day school yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mendapat sambutan positif.

Karena dengan full day school tersebut, peserta didik dapat mengikuti kegiatan-kegiatan penanaman pendidikan karakter, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

Namun, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, Andi Fajar Asti, mengingatkan banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum full day school diterapkan.

"Kesejahteraan guru harus ditingkatkan, terutama guru honor. Karena semua jam produktif sudah diberikan untuk pendidikan," jelas Fajar petang ini. [Baca: Mendikbud: Full Day School Bukan Berarti Sekolah Seharian]

Menurut kandidat doktor Universitas Negeri Jakarta ini juga, kurikulum juga harus diperbaiki dengan menggunakan sistem PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan).

"Fasilitas belajar di sekolah harus memadai agar siswa merasa nyaman di sekolah," tegas Ketua PP Pemuda Muhammadiyah ini.

Sebab, dia mengingatkan, perlu dihindari perasaan anak didik terpenjara di sekolah. Karena selama ini sekolah tak jarang menjadi tempat yang sangat menakutkan bagi anak didik.

Selain itu,  dia menambahkan, tidak semua daerah di Indonesia sama. Sehingga treatment terhadap masing-masing daerah bisa berbeda dalam penerapan full day school.

"Perlu mempertimbangkan daerah tertentu seperti Jakarta yang jam macetnya paling tinggi berada di pagi dan sore hari. Sehingga butuh perlakuan serius," tandasnya. [zul]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA