Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indian Ocean Wave Exercise Ke-16 Bentuk Kesiapsiagaan Tsunami Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 08 September 2016, 08:19 WIB
rmol news logo Untuk kesekian kalinya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ditunjuk sebagai tuan rumah seminar setingkat internasional.

Kali ini BMKG dipercaya untuk menyelenggarakan Indian Ocean Wave Exercise (IOWAVE) yang keâ€"16 di kantornya, Jakarta, kemarin (Rabu, 7/9).

"Acara ini merupakan bentuk sumbangsih Indonesia rangka menyambut Hari Kesiapsiagaan Tsunami Dunia atau World Tsunami Awareness Day," ujar Kepala BMKG, Andi Eka Sakya dalam rilisnya.

Andi menjelaskan, acara ini sudah kali ke-19 sejak diadakan pertama kali pada tahun 2009 lalu, Tujuannya untuk membahas sistem peringatan dini dan mitigasi tsunamai di negara-negara sekitar Samudera Hindia.

Selain itu, BMKG yang juga merupakan sebagai penyedia peringatan dini tsunami/Tsunami Service Provider (TSP) dipercaya untuk mendiseminasikan peringatan dini tsunami ke National Tsunami Warning Center (NTWC) di 24 negara Samudera Hindia, untuk diteruskan kepada badan-badan penanggulangan bencana /Disaster Management Offices (DMO).

"Pada tingkat nasional di Indonesia, BMKG dalam perannya sebagai NTWC, akan menyebarkan peringatan dini tsunami kepada para pemangku kepentingan untuk diteruskan kepada masyarakat," terangnya lebih lanjut.

Dijelaskannya bahwa hal ini bertujuan untuk memvalidasi rantai informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami mulai dari diseminasi, pemahaman produk dan moda komunikasi, serta melatih kesiapsiagaan daerah dan masyarakat, dalam mengantisipasi Tsunami dan menguji prosedur tetap melalui Tabletop Exercise dan Tsunami Drill.

IOWAVE16 sendiri digelar bersama BNPB, yang juga mendapat bantuan teknis dari Unesco Jakarta dan dukungan komunikasi strategis dari UN ESCAP serta pemerintah Jepang.

"Gelar ini akan menjadi masukan berharga bagi proposal perbaikan Tsunami Masterplan Indonesia yaitu penyusunan agenda Indonesia dalam perbaikan sistem penanggulanan bencana Tsunami di kawasan Samudera Hindia, baik melalui Konperensi Tingkat Menteri tentang Penanggulangan Bencana di New Delhi, Konperensi Internasional tentang Tsunami Ready dengan Unesco, ataupun wahana regional Unesca," harap Andi.[wid]

 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA