Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenko Polhukam Gandeng Belanda dan Australia Atasi Cyber Attack

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 19 Juli 2016, 16:31 WIB
Kemenko Polhukam Gandeng Belanda dan Australia Atasi <i>Cyber Attack</i>
ilustrasi/net
rmol news logo Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan melalui Desk Cyberspace Nasional (DCN) bekerja sama dengan Pemerintah Negara Belanda dan Australia akan mengadakan latihan bersama penanganan Cyber Attack selama dua hari (20-21 Juli) di Ruang Nakula, Gedung A Lantai VI Kemenko Polhukam.

Menurut Plt Deputi VII Bidkoor Kominfotur Kemenko Polhukam, Marsda TNI Warsono, kegiatan ini akan diikuti oleh multistakeholders yang berkaitan dengan bidang Cyber Security di berbagai Kementerian dan Lembaga di sektor Pemerintahan, Industri, Privat/Swasta, Asosiasi, Komunitas dan Operator Telekomunikasi.

"Pelatihan Bersama penanganan cyber attack akan menghadirkan narasumber yang terdiri dari Tim Desk Cyberspace Nasional Kemenko Polhukam, Tim Australian Strategic Policy Institute (ASPI) dan Tim Kedutaan Besar Belanda di Indonesia," jelasnya dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Selasa (19/7).

Warsono menambahkan, Menko Polhukam Luhut Panjaitan akan membuka langsung pelatihan tersebut. Adapun kegiatan ini merupakan preliminary dari acara Global Converence on Cyberspace (GCCS) yang di usulkan oleh Pemerintah Belanda melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta, agar dapat diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2017 dan dihadiri lebih dari 50 negara.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi trigger dalam penanganan masalah serangan cyber terutama kebutuhan akan tata kelola (SOP-Standard Operation Procedure) berupa koordinasi dan sinkronisasi dari multistakeholder yang berperan dalam cyberspace nasional. Tata kelola ini sangat dibutuhkan ketika terjadi insiden akibat serangan cyber," tandasnya. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA