Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Romo Magnis: Teroris Juga Manusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 15 Juli 2016, 13:55 WIB
Romo Magnis: Teroris Juga Manusia
romo magnis/net
rmol news logo Tokoh lintas agama, Romo Frans Magnis Suseno atau Romo Magnis, menyatakan prihatin atas penanganan kasus terorisme di Indonesia yang mengabaikan hak asasi manusia.

Dia memang sepakat tindakan radikal seperti terorisme harus ditindak keras. Tetapi penanganan terorisme juga perlu memperhatikan unsur-unsur kemanusian.

"Saya berpendapat tentu saja terorisme harus ditindak dengan keras. Tapi perlu diperhatikan bahwa teroris juga manusia," tegas Romo Magnis yang menjadi salah satu anggota Tim Evaluasi Penanganan Terorisme, kepada wartawan, Jumat (15/7).

Penanganan terorisme di Indonesia harus diawasi lebih ketat oleh masyarakat agar penegak hukum tidak bertindak semena-mena terhadap terduga teroris.

Romo Magnis berpendapat, nyawa seorang teroris pun harus tetap diindungi dan dia tidak boleh mengalami penyiksaan.

"Kalau seseorang teroris atau dituduh teroris ditangkap, harus diperlakukan sesuai dengan hukum yang berlaku, dengan HAM. Meski dia bersalah, nyawanya harus terlindungi, tidak boleh disiksa. Orang yang jatuh ke tangan aparat kita harus aman," jelas Romo Magnis.

Ia mengeritik informasi yang beredar di publik terkait pelaku bom bunuh diri di Mapolres Solo pada 5 Juli lalu, Nur Rahman. Menurutnya informasi yang berkembang sangat terkesan dibuat-buat, padahal kasus terorisme sangat berdampak besar (high impact) pada kehidupan manusia.

"Saya mendapat keterangan mengenai kasus Nur Rahman dari media. Saya kira perlu memperhatikan apa yang dilaporkan sesuai dengan yang terjadi. Tak bisa dibuat-buat atau diandaikan, karena ini kasus high impact," ujarnya. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA