Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Turun Ke Bawah Akan Jadi Perintah Pertama Tito

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 01 Juli 2016, 12:26 WIB
Turun Ke Bawah Akan Jadi Perintah Pertama Tito
tito karnavian/net
rmol news logo Komjen Pol Tito Karnavian, yang dipastikan bakal dilantik presiden menjadi Kapolri baru, telah menyiapkan perintah untuk semua anak buahnya bila ia telah resmi menjabat.

"Saya akan meminta para pimpinan kewilayahan untuk banyak turun ke bawah, kemudian bersentuhan dengan masyarakat, memperbanyak dialog-dialog dengan masyarakat," kata Tito yang sampai kini masih menjabat Kepala BNPT, di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/7).

Program turun ke bawah itu diakui Tito berdasarkan pengalamannya memimpin Polda Papua dan Polda Metro Jaya.

"Pola-pola itu akan saya minta untuk diteruskan. Saya yakin Polda-polda melakukan banyak, ada juga yang belum maksimal," tambah Tito.

Menurut Tito, pada prinsipnya, Polri harus membangun komunikasi dengan masyarakat untuk memahami harapan publik. Selain itu, harus rajin mengamati suara publik di media-media massa maupun media sosial.

"Sekarang era keterbukaan. Melihat suara publik selain langsung juga melalui media massa, konvensional maupun sosial media. Saya harapkan teman-teman berupaya untuk menyatukan visi, menyadari tingkat kepercayaan publik kepada polisi saat ini relatif rendah," jelasnya.

Kepercayaan yang rendah dari masyarakat, bagi Tito, tidak menguntungkan bagi Polri di era demokrasi.

"Public perception is a matter. Jadi suara publik sangat penting didengar untuk survive," tambahnya.

Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, Tito menyatakan banyak cara demi merespons dengan cepat keinginan publik. Bisa dengan langkah-langkah nyata di lapangan maupun menanggapinya di media konvensional maupun media sosial.

"Ada program-program untuk menganalisa media. Kita bisa melihat trending topic-nya dan sentimen negatifnya. Yang negatif harus kita respons, jangan didiamkan," tegasnya. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA