Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amankan Arus Mudik, Bakamla Siagakan Belut Laut-4806

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 21 Juni 2016, 22:55 WIB
Amankan Arus Mudik, Bakamla Siagakan Belut Laut-4806
ist
rmol news logo Dalam rangka mengamankan mudik Lebaran 2016 yang menggunakan jalur laut di lintas Jawa-Sumatera, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menurunkan Kapal Nasional Belut Laut-4806 untuk berpatroli.

Kapal nasional bernomor lambung 4806 itu saat ini sudah bergerak menuju perairan Selat Sunda yang menghubungkan jalur antara Jawa dan Sumatera.  

Kapal patroli cepat dengan panjang 48 meter yang merupakan buatan dalam negeri itu akan melakukan patroli keamanan maupun pertahanan di laut guna mengantisipasi adanya tindakan kriminal dari pelaku kejahatan. Sekaligus melakukan penanganan apabila terjadi kecelakaan laut.

Direktur Operasi Laut (Diropsla) Bakamla Kolonel Laut (P) Rahmat Eko Raharjo menjelaskan, KN Belut Laut-4806 memiliki kemampuan jelajah di laut lepas. Sehingga, jika mendapatkan informasi yang mencurigakan kapal akan bergerak cepat untuk melakukan penanganan.

Kapal patroli ini selain dilengkapi soflen system yang canggih untuk mendeteksi sistem peringatan dini juga dilengkapi dengan sonar bawah laut. Sonar berfungsi mendeteksi benda material di bawah laut dengan cara mengirim gelombang suara yang nantinya dipantulkan kembali oleh benda yang akan dideteksi.

Menurut Rahmat, Bakamla sangat berharap agar jangan sampai nantinya terjadi kekosongan penjagaan di laut.
"Apalagi kalau kita baca perkembangan situasi di lapangan. Lebaran tahun ini lalu lintas Jawa-Sumatera bisa dibilang cukup padat," jelasnya. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA