Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fraksi PKB: Tidak Ada Keraguan Lagi Untuk Komjen Budi Gunawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 08 Juni 2016, 16:15 WIB
Fraksi PKB: Tidak Ada Keraguan Lagi Untuk Komjen Budi Gunawan
komjen budi gunawan/net
rmol news logo Mayoritas fraksi di DPR RI akan tetap konsisten mendukung Wakil Kepala Polri Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri.

Apalagi, BG sudah pernah dinyatakan lolos dari uji kepatutan dan kelayakan di DPR pada Januari 2015 silam. Delapan fraksi dalam sidang paripurna DPR saat itu bulat mendukungnya menggantikan Kapolri Jenderal Pol Sutarman.

Menurut anggota Komisi III DPR dari fraksi PKB, Jazilul Fawaid, jika Presiden Joko Widodo kembali mengajukan nama BG sebagai calon Kapolri maka PKB DPR RI akan mendukung langkah tersebut. Apalagi Jenderal Pol Badrodin Haiti memasuki masa pensiun pada Juli mendatang.

Dia menegaskan lagi, BG secara hukum sudah clear and clean (jelas dan bersih) dari berbagai kasus hukum yang dituduhkan kepadanya. Hal itu terbukti lewat kemenangannya di praperadilan melawan penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

"Jadi, kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen Budi Gunawan sebagai calon Kapolri menggantikan Badrodin Haiti, maka FPKB DPR RI akan mendukung," tegas Jazilul.

"Kalau masih ada yang mengaitkan kasus hukum sebelumnya, putusan praperadilan bisa dijadikan dasar pertimbangan. Dengan keputusan itu, seharusnya sudah tidak ada lagi keraguan untuk Komjen BG," tambah Jazilul.

Jazilul mengingatkan lagi bahwa Komjen BG pada prinsipnya sudah disetujui DPR menjadi Kapolri menggantikan Jenderal (Pur) Sutarman pada tahun lalu.

Sekretaris Fraksi PKB itu juyga mengingatkan, delapan fraksi yakni Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi PKB, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Hanura, dan Fraksi PPP sudah menyetui keputusan tersebut.

Hanya Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi PAN yang meminta DPR menunda persetujuan tersebut karena tersandung kasus hukum. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA