Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Sebut Siyono Salah Satu Panglima Jamaah Islamiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 20 April 2016, 18:34 WIB
Kapolri Sebut Siyono Salah Satu Panglima Jamaah Islamiyah
net
rmol news logo Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti memastikan bahwa terduga teroris Siyono adalah salah satu panglima dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI), dia menyimpan informasi tentang senjata milik jaringan itu.

"Siyono ditangkap setelah pengembangan dari penangkapan anggota jaringan sebelumnya oleh Detasemen Khusus 88 Anti Teror," jelasnya dalam rapat bersama Komisi III DPR di Gedung DPR, Jakarta (Rabu, 20/4).

Menurut Badrodin, Jamaah Islamiyah merupakan kelompok jaringan yang berbaiat kepada Al Qaida di Afghanistan. Dalam perjuangannya, Jamaah Islamiyah mengubah struktur dengan nama-nama baru. Dia mengatakan, pada Mei 2014, Tim Densus berhasil mengungkap dan menangkap sembilan orang tersangka tindak pidana terorisme. Mereka kemudian dipenjara dengan hukuman lima hingga 10 tahun.

"Dari mereka, Densus berhasil mengamankan barang bukti berupa bunker berisi senjata dan bahan peledak, baik pabrikan maupun rakitan. Serta mesin pembuat senjata," bebernya.

Kemudian, Densus kembali menangkap empat orang di Jawa Timur yang saat ini berkas perkaranya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. Dari empat orang ini, didapat informasi yang mengarah kepada Siyono.


Badrodin mengatakan, kematian Siyono tidak diinginkan karena menyebabkan Densus kehilangan informasi. Dia memastikan bahwa bersamaan dengan kematian Siyono maka akses informasi menjadi hilang. Karena itu, anggota Densus yang mengawal Siyono bersama komandannya saat ini sedang menjalani pemeriksaan dan sidang disiplin.

"Yang bersangkutan menyimpan banyak informasi, termasuk soal senjata api yang sudah diserahkan ke seseorang. Dari Siyono bisa mengungkap jaringan Jamaah Islamiyah lebih dalam," jelasnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA