Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lima Langkah Panglima Lakukan Transformasi TNI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 28 September 2015, 19:41 WIB
Lima Langkah Panglima Lakukan Transformasi TNI
rmol news logo Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo membeberkan sejumlah langkah yang akan dilakukan guna mewujudkan transformasi di tubuh TNI.

Langkah pertama, TNI akan melakukan pemutakhiran doktrin dan organisasi. Ini dilakukan untuk menghadapi tantangan zaman. Menurutnya, doktrin harus fleksibel sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI.

"Doktrin Tri Dharma Eka Karma itu perlu pemutakhiran," kata Gatot saat beda buku di Kantor Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta Pusat, Senin (29/9).

Langkah kedua, menurut Gatot, pihaknya akan melakukan modernisasi terhadap alutsista. Apalagi, 55 persen kondisi alusista saat ini telah berusia lebih dari 35 tahun. Diakui Gatot, hal ini berbeda dengan negara lain yang terus melakukakan modernisasi (upgrade) persenjataannya.

Langkah ketiga, lanjut mantan KASAD ini, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di dalam tubuh TNI. Kemudian, keempat menurut Gatot perlu peningkatan kerja sama militer Indonesia dengan negara lain. Gatot berharap komparasi kemampuan TNI dengan tentara asing dapat terealisasi dalam waktu dekat.

Terakhir, jelas mantan Pangkostrad ini, TNI perlu dekat dengan rakyat. Kedekatan ini harus menjadi perhatian demi terjadinya transformasi di tubuh TNI.

"Karena TNI dari rakyat juga, dan kedaulatan NKRI akan terancam juga jika tidak ada transformasi TNI," demikian Gatot. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA