Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapal TNI Bisa Digunakan Demi Kelancaran Tol Laut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 16 September 2015, 17:08 WIB
rmol news logo Menteri Kordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan menyatakan tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi bertujuan mengurangi biaya transportasi kapal pengangkut barang.

Apalagi, menurutnya, pemerintah merasa saat ini Cost of Transportation kapal barang di Indonesia terlampau tinggi. "Jika dibandingkan dengan negara-negara lain (Cost of Transpotation di Indonesia) masih 14,9 persen, sedangkan di Jepang hanya 4,7 persen," ungkapnya dalam konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta (16/9).

Tol laut, lanjut Luhut, diharapkan dapat mengurangi Cost of Transportation hingga mencapai 7 persen. Barang kebutuhan masyarakat juga akan ikut turun sehingga terjangkau bagi rakyat kebanyakan.

Terkait dengan Angkatan Laut Republik Indonesia, Luhut katakan, dalam keadaan darurat, armada kapal yang dimiliki AL dapat juga digunakan sewaktu-waktu.

"Kapal-kapal mereka tidak tertutup kemungkinan untuk kita gunakan juga untuk membantu teman-teman kita di Indonesia Timur, kadang-kadang sangat kelangkaan terhadap kapal laut tadi," pungkas Luhut. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA